Apa Itu AVR Genset? Berikut Informasinya

avr genset

 

Sebagian besar orang tentu sudah tahu tentang fungsi genset. Namun, apakah anda tahu tentang avr genset? Tak banyak orang yang tahu tentang AVR kecuali memang orang tersebut paham dengan hal teknis tentang pengoperasian dan penggunaan genset. Padahal, fungsi dari AVR sangatlah penting. Untuk memahaminya lebih jauh, anda bisa cek beberapa informasi berikut.

Sebenarnya, avr genset adalah suatu singkatan. Kepanjangan dari AVR adalah Automatic Voltage Regulator. Dari namanya saja, sebenarnya fungsi dari AVR sudah jelas, yaitu sebagai regulator atau pengatur tegangan. Perangkat tersebut bekerja secara otomatis untuk menjaga kestabilan tegangan listrik yang diproduksi dan dialirkan oleh genset ke bangunan serta peralatan listrik yang perlu tegangan tersebut.

Lalu, kenapa avr genset sangat penting? Peran dari komponen tersebut memang sangat penting, terutama untuk menjaga kondisi peralatan listrik anda. Dengan adanya regulator tersebut, voltase yang dialirkan dari genset akan stabil. Dengan begitu, kebutuhan voltase di perangkat listrik anda pun bisa lebih stabil dan terpenuhi dengan baik. Hal tersebut membuat risiko kerusakan peralatan anda menjadi kurang. Dengan fluktuasi yang tidak teratur, bisa saja perangkat anda menerima voltase yang kurang atau justru berlebihan sehingga bisa merusak komponen yang ada di perangkat. Selama ada AVR tersebut, voltase menjadi teratur dan stabil.

Apakah avr genset bisa rusak? Tentu saja bisa dan ada beberapa penyebabnya. Pertama adalah putaran genset yang tidak stabil. Ketika putaran genset tidak teratur, fluktuasi tegangan listrik akan menjadi sangat besar dan hal tersebut memberikan beban berat bagi kinerja AVR. Kalau hal tersebut berlangsung terus menerus, tentu komponen akan mengalami kerusakan. Selain fluktuasi dan beban kinerja yang berlebihan, avr genset pun bisa rusak kalau terjadi short circuit atau hubungan arus pendek. Korsleting yang terjadi bisa menyebabkan kerusakan di perangkat AVR. Untuk itu, instalasi listrik memang perlu dicek agar bisa mencegah terjadinya hubungan arus pendek tersebut. Selebihnya, AVR pun bisa rusak ketika sudah mencapai masa pemakaian. Komponen penting tersebut memang tidak bisa berfungsi selamanya. Ketika sudah melebihi masa pemakaian, tentu performa akan menurun dan bahkan menjadi tidak berfungsi.