Cara Mengganti Oli Mesin Genset Rumah Tangga

Sebelum kalian menyalakan genset rumah tangga terbaik, tentu kalian harus memeriksa kondisi oli mesin genset terlebih dulu.  Sama seperti mesin pada umumnya, oli pada mesin genset harus diganti secara rutin.Sebab jika tidak diganti secara rutin maka hal tersebut bisa mengakibatkan genset tidak bekerja secara maksimal. Idealnya, oli di mesin genset kalian harus diganti tiap 20 jam sekali. Namun, dalam beberapa kasus ada juga yang perlu diganti setelah 500 jam.Mengingat pentingnya mengganti oli, berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat mengganti oli genset.

  1.   Matikan mesin genset

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mematikan genset saat akan mengganti oli. Jika tidak maka genset akan lebih cepat panas dan meningkatkan resiko korsleting. Selain itu, genset yang terus menyala akan membuat kalian kesulitan untuk memasukan oli.

  1.   Mengecek korosi

Korosi atau karat bisa sangat mengganggu proses penggantian oli mesin genset. Oleh sebab itu,kalian harus memastikan tidak ada karat di mesin genset tersebut. Hal ini dikarenakan bila karat bercampur dengan oli maka hal tersebut akan mengganggu kinerja mesin sehingga mesin menjadi lebih panas dibandingkan sebelumnya.

  1.   Jaga kebersihan

Menggunakan sarung tangan saat mengganti oli mesin genset sangat penting. Hal ini akan mencegah kalian terkontaminasi bahan-bahan kimia berbahaya. Bila perlu, masker juga digunakan mengganti oli terkadang memiliki bau yang menyengat.Selain itu, pastikan juga jika kondisi lantai di sekitar kalian bersih dan tidak licin ditambah pastikan mesin genset dalam keadaan bersih dan tidak ada debu.

  1.   Gunakan satu jenis oli saja

Mencampurkan berbagai merek oli secara bersamaan sangat tidak disarankan.Hal ini dikarenakan hal tersebut meningkatkan resiko meningkatkan tekanan oli yang melapisi mesin genset kalian sehingga mengganggu kinerja mesin genset.Oleh sebab itu,saat mengganti oli sebaiknya pastikan oli lama yang tersisa telah dikeluarkan diisi sesuai dengan kapasitas yang disarankan.

Dari keterangan diatas, sebaiknya kalian membaca lebih dulu jenis oli yang kalian gunakan pada genset rumah tangga yang kalian miliki.Sebab, bila kalian salah mengisi atau terlambat mengganti oli mesin maka hasilnya bisa mengganggu kinerja mesin.Akibatnya selain kinerjanya menurun, resiko kerusakan mesin juga meningkat.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *